PENGERTIAN MAHASISWA DILIHAT DARI BERBAGAI SUDUT PANDANG

Pengertian Mahasiswa Secara Umum 

Apa sih yg terbesit pertama kali waktu disebutkan mahasiswa? Mungkin ada yg mengartikan bahwa mahasiswa merupakan siswa yg belajar pada sebuah universitas atau perguruan tinggi. Memang kesannya menjadi pelajar, yang hanya menuntut ilmu & belajar & belajar.

Tetapi, dibalik sebutan mahasiswa, ternyata mahasiswa memiliki perjalanan panjang yg tidak melulu mengenai belajar. 

Pengertian Mahasiswa Secara Administratif 

Pengertian mahasiswa secara administratif dapat diartikan sebagai anak didik yang terdaftar di perguruan tinggi. Dimana murid pada perguruan tinggi tadi sudah memenuhi syarat-kondisi menjadi murid di perguruan tinggi maupun pada universitas. 

Secara administrasi, mahasiswa diambil menurut 2 kata, yaitu berdasarkan kata ‘maha’ & ‘siswa’. Maha mempunyai makna ter yang bermakna lebih tinggi dari sekedar pelajar. Sedangkan siswa berarti pelajar. Dengan istilah lain, mahasiswa diartikan menjadi terpelajar. Sebagai siswa terpelajar diartikan sebagai seorang pelajar yang tidak hanya belajar secara akademik, namun seorang anak didik yg memiliki penemuan, kreativitas tinggi dibidang eksklusif. 

Dikatakan mahasiswa karena seorang mahasiswa memiliki tanggung jawab menuntut ilmu lebih tinggi dibandingkan seseorang pelajar SMP juga Sekolah Menengah Atas. Dimana mahasiswa diharapkan bisa melahirkan solusi atas konflik & sebagai dilema solving bagi masyarakatnya.  

Pengertian Mahasiswa Dari Para Ahli 

apabila pada atas telah dijelaskan beberapa pengertian mahasiswa dari beberapa perspektif, maka pada sub bab kali ini ada beberapa pendapat para ahli. Tentu saja pendapat mereka yg seringkali dipakai menjadi landasan teori. Pendapat siapa sajakah itu? Berikut ulasannya. 

1. Pendapat Guardian Of Value 

Guardian of value mengartikan mahasiswa sebagai upaya menuntut ilmu pada jalur yang lebih tinggi. Karena tingkatannya lebih tinggi, tentu saja seseorang mahasiswa tidak hanya belajar secara akademik saja, namun juga belajar yang memiliki nilai-nilai rakyat yg kebenarannya mutlak. 

Ternyata belajar saja tidak relatif. Nyatanya pada belajar krusial sekali menjunjung tinggi kejujuran, integritas, gotong royong, keadilan, ikut merasakan dan kepekaan diri terhadap lingkungan. Bahkan nir sekedar itu saja loh, mahasiswa pun secara tidak pribadi sebenarnya dituntut buat berfikir secara kritis, ilmiah dari nilai-nilai. 

Mahasiswa nir seperti murid SMA atau Sekolah Menengah pertama, dimana yang belajar secara terus-menerus atau penerima ilmu menurut pengajar. Lebih menurut itu, seorang mahasiswa menjadi pembawa, penyebar nilai-nilai dan penyampai ilmu yg sudah dipelajari. 

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mahasiswa adalah seorang yang belajar pada perguruan tinggi. Berbeda menggunakan kata mahasiswa yang diartikan menjadi pelajar atau mahasiswa perempuan  .

Sebenarnya ada satu istilah yg sangat mirip menggunakan mahasiswa, yaitu kata kemahasiswaan yang memiliki arti yang jauh tidak sama menurut mahasiswa. Kemahasiswaan menurut Kamus Besar Indonesia (KBBI) adalah seluk-beluk mahasiswa yang bersangkutan menggunakan mahasiswa. 

3. Menurut Sarwono

apabila kamu seorang mahasiswa semester akhir, atau yg suka  membaca kitab  -buku kuliah terutama jurusan social. Pasti nir asing lagi dengan nama Sarwono, yang buku-bukunya poly kita dengar di kitab   teori-teori kuliah. Pengertian mahasiswa menurut Sarwono merupakan seseorang yang terdaftar mengikuti pelajaran atau kuliah pada perguruan tinggi. 

Sarwono menegaskan bahwa homogen-homogen mahasiswa yang masuk di perguruan tinggi berusia 18-30 tahun. Sarwono pun jua mengartikan bahwa mahasiswa suatu grup dalam masyarakat yang memperoleh statusnya Karena terikat pada suatu perguruan tinggi. 

4. Menurut Knopfemacher 

Barangkali kamu salah  satu yg asing menggunakan tokoh Knopfemacher. Knopfemacher mengartikan mahasiswa sebagai calon sarjana. Tentu saja seseorang tadi harus terlibat dan terikat di perguruan tinggi. Dimana seorang yg masuk & terjaring pada perguruan tinggi dibutuhkan dalam akhirnya akan sebagai calon intelektual generasi bangsa. 

Sayangnya, peran dan tanggung jawab seorang mahasiswa banyak yg luntur. Banyak yang menjadi mahasiswa lantaran faktor popularitas, lantaran tuntutan orangtua, ingin mendapatkan gelar ijazah & masih banyak lagi yg semakin berambigu. 

5. Menurut Agent Of Change 

Berbeda lagi menurut Agent of Change, bahwa mahasiswa sebagai penggerak. Mahasiswa menjadi contoh buat mengubah arah, mengganti gagasan tertinggal sebagai maju, mengubah yang tidak berilmu sebagai berilmu dan masih poly lagi tentu saja. Jadi mahasiswa nir hanya diam saja & nir hanya berpangku tangan. Mahasiswa menjadi pengganti dan penerus pemimpin bangsa. 

6. Menurut Moral Force 

Pengertian mahasiswa menurut Moral Force juga bisa diartikan menjadi seseorang pelajar taraf tinggi yg tidak sekedar berintelektual, namun juga memiliki moral yang baik. Realitanya, sekarang menjadi mahasiswa tidak menjamin seorang bermoral baik. Nyatanya banyak yg tidak amoral, karena sekali lagi seluruh balik  ke masing-masing individu.

Tentu saja setiap individu tidak sanggup kita tentukan atau kita setir sinkron kehendak kita. Hanya diri sendirilah yang mampu mengontrol moral yang baik atau jelek. Mahasiswa diharapkan mempunyai moral yg baik, lantaran mahasiswa dapat dijadikan sebagai kekuatan dari bangsanya. Lantaran satu-satunya asa sebuah bangsa merupakan pemuda. 

Itulah beberapa pengertian mahasiswa berdasarkan berbagai sudut pandang yang sanggup engkau  pelajari. Semoga dengan sedikit pembahasan di atas semakin membukakan cakrawala pengertian tentang mahasiswa. Bahwa mahasiswa tidak sekedar mahasiswa. (Irukawa Elisa)

Pertanyaan Umum

Apa itu Mahasiswa?

Singkatnya, mahasiswa adalah siswa yang belajar pada sebuah universitas atau perguruan tinggi.

Apa Arti Mahasiswa Menurut Sarwono?

Pengertian mahasiswa berdasarkan Sarwono adalah seorang yang terdaftar mengikuti pelajaran atau kuliah di perguruan tinggi.

Belum ada Komentar untuk "PENGERTIAN MAHASISWA DILIHAT DARI BERBAGAI SUDUT PANDANG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel