TIPS MAHASISWA BARU MUDAH BERADAPTASI DI KAMPUS PART 1

    

Mahasiswa

Hari ini adalah hari pertama kamu menyandang predikat sebagai mahasiswa. Apa yang kamu pikirkan dan rasakan ??? sebagai mahasiswa baru, pada umumnya kamu akan sering merasakan timbulnya perasaan yang tidak nyaman. Perasaan tidak nyaman karena merasa menjadi objek perhatian senior, hingga merasa kesepian dan bingung saat hendak melakukan sesuatu.

    Sebagai pendatang baru, momen pertama di kampus merupakan kesempatan terbaik untuk learning by making mistakes tanpa harus terbebani oleh rasa takut dan bersalah secara berlebihan. Berikut adalah hal hal yang perlu kamu lakukan sebagai mahasiswa baru agar menjadi pendatang baru yang berhasil melewati momen pertama kamu di kampus :

    1. Menyapa

    Kenangan dari kesan pertama akan selalu tertinggal, dan meninggalkan jejak yang panjang tidak terlupakan dalam ingatan kamu. Itulah yang selanjutnya disebut dengan istilah "efek menyapa". Hari pertama harus kamu gunakan untuk meninggalkan kesan yang positif dalam ingatan teman, kakak kelas, dan bahkan dosen kamu. Saat perkenalan, sebaiknya kamu manfaatkan untuk berjabat tangan dengan erat sebagai tanda rasa percaya diri kamu, kamu harus membuang jauh jauh rasa "malu malu" dan sulit didekati.

    2. Terbuka

    Sebaiknya kamu tidak terlihat terlalu bingung dan tak tahu harus melakukan apa, di hari pertama kuliah kamu. Hal ini bisa jadi akan menimbulkan tanggapan aneh dari orang orang yang berada di sekitar kamu. Minggu minggu pertama merupakan saat yang tepat bagi kamu untuk membuka mata, otak, dan hati untuk mengenali lingkungan interaksi di kampus sebagai dunia baru kamu. Pastikan juga bahwa kamu memiliki teman bicara saat hari pertama masuk kuliah, manfaatkan teman bicara kamu untuk menjadi pintu gerbang memasuki dunia baru kamu.

    3. Unik

    Segeralah kenali orang orang yang ada di sekitar kamu, hal ini perlu dilakukan agar kamu dapat dengan memahami setiap karakter. Misalnya si A adalah yang paling hebat berbahasa asing di dalam kelas, sedangkan si B memiliki banyak teman, sementara si C lebih senang membaca dan memiliki banyak buku, namun demikian jangan lupa untuk melihat keunikan yang kamu miliki. Keunikan pribadi tentu tidak selalu berhubungan dengan kemampuan akademik, tetapi mengacu juga dalam aspek emosional.

    4. Semua Sumber

    Banyak hal yang dapat kamu pelajari dari pada senior kamu yang ada di kampus. Lihat dan amati mereka, pelajari cara mereka berinteraksi, belajar, dan membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi. Amati gaya berorganiasi mereka dan catat prestasinya serta pahami apa yang mereka lakukan saat menyelesaikan suatu masalah. Berusahalah agar kamu segera untuk memperoleh kesempatan berbincang bersama mereka. Selain menimbulkan inspirasi baru, perbincangan tersebut juga akan membantu kamu dalam mengenali tentang hal yang sebaiknya kamu ketahui dan lakukan di kampus.

    5. Menonjol

    Saat berdiskusi atau diundang untuk hadir dalam suatu forum kajian, jangan diam saja atau hanya bersuara ketika ditanya. Berikan juga pendapat kamu atau tanyakan sesuatu yang belum kamu ketahui. Tunjukkan kalau kamu cukup "berisi" dengan bersikap aktif, dari situlah kamu berkesempatan untuk dinilai oleh teman, atau bahkan dosen, dan senior kamu.

    6. Menjadi teman dan junior yang baik

    Hindari perkelahian, jangan sampai kamu merusak momen pertama kuliah kamu dengan menjadi trouble maker. Jadilah mahasiswa baru yang baik, tidak menimbulkan menyusahkan dan tidak menimbulkan keresahan bagi orang lain. Kamu dapat melakukannya dengan bersikap terbuka, lancarkan komunikasi kamu dengan beberapa cara antara lain : memberi informasi yang jelas, menerima pendapat yang berbeda, merespon dan memberi feedback, datang tepat waktu, serta berbagai hal positif komunikasi lainnya.

    Selengkapnya baca di : TIPS MAHASISWA BARU MUDAH BERADAPTASI DI KAMPUS PART 2




Belum ada Komentar untuk "TIPS MAHASISWA BARU MUDAH BERADAPTASI DI KAMPUS PART 1"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel