TIPS MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK MAHASISWA

Mahasiswa

Mengatur keuangan selama menjadi mahasiswa sebetulnya nggak terlalu sulit, lho. Mudah memang apabila kita masih diberikan uang saku sama orang tua untuk memenuhi kebutuhan hayati sehari-hari.

Namun buat yg hayati sendiri atau merantau & lepas menurut orang tua, yg namanya keuangan wajib  benar-benar dikelola dengan baik. Karena bila nir, kamu akan terjebak pada banyak sekali macam kesulitan keuangan misalnya sulit membayar uang semesteran atau bayar buku contohnya.

Sebetulnya, bagaimana sih cara mengatur uang jajan yang baik bagi mahasiswa? Disinilah pentingnya kamu perlu belajar mengelola keuangan yg baik. Yuk, simak tips cara mengatur keuangan yang baik buat mahasiswa di bawah ini.

1. Mulai Disiplin Menabung

Dengan mulai belajar buat disiplin dalam menabung tentunya akan sangat bermanfaat bagi kita di kemudian hari. Selalu prioritaskan tabungan saat kita mendapat uang saku, baik itu menurut orang tua atau sanak keluarga lain. Tabungan yg secara disiplin & rutin kita lakukan bisa digunakan buat investasi mini  -kecilan, diantaranya misalnya membeli laptop atau printer yg adalah beberapa barang kebutuhan dalam pembuatan tugas kuliah menjadi mahasiswa.

2. Manfaatkan Sumber Pemasukan

Manfaatkan sumber pemasukan lain selain dari uang saku orang tua. Diantaranya melakukan usaha kecil-kecilan sampai bekerja sampingan seperti freelance atau kerja partime. Cobalah buat mencari pekerjaan sampingan yang mempunyai jam kerja fleksibel supaya nir terlalu banyak menyita saat kuliah & belajarmu.

3. Belanja Sesuai Kebutuhan

Gaya hayati yang konsumtif dan hedonis memaksa kita buat selalu tampil sempurna. Untuk menghindarinya, engkau  perlu menciptakan list berbagai jenis kebutuhan yang benar-benar kamu butuhkan selama satu bulan. Dengan mempunyai daftar belanjaan buat kehidupan selama sebulan, maka kamu hanya akan terfokus pada barang-barang yg engkau  butuhkan saja. Ingat, prioritaskan barang kebutuhan, bukan barang asa.

4. Jaga Kesehatan dan Pola Makan

Jika kamu termasuk mahasiswa yg in the kost sangat penting buat engkau  buat jaga kesehatan & jaga pola makan. Selain tidak terdapat yang mampu merawat & mengurus kamu ketika sedang sakit, tugas-tugas & kegiatan kuliah engkau  pun akan terbengkalai nantinya. Belum lagi kamu wajib  periksa ke dokter dengan biaya  yg tidak murah. Untuk mencegah hal yg nir diinginkan itu terjadi, terdapat baiknya engkau  jaga kesehatan dengan selalu memperhatikan pola makan dan nir jajan asal-asalan. Jangan lupa jua buat rajin berolahraga minimal seminggu 3 kali supaya badan selalu sehat dan fit.

5. Catat Semua Biaya Pengeluaran

Setelah semua pemasukan termasuk uang saku engkau  gunakan, jangan lupa buat mencatat setiap porto yang kamu keluarkan pada jangka saat sebulan. Prioritaskan catat pengeluaran yg wajib  kamu dahulukan, misalnya membayar uang kos (bila kamu ngekost), uang transportasi, uang kuliah, uang kitab  , uang makan dll. Jangan lupa catat secara rinci & usahakan jangan hingga terdapat yang terlewat.

6. Buatlah Rencana Anggaran Keuangan

Setelah tahu poin-poin penting di atas, selanjutnya yg harus kamu lakukan merupakan membuat rencana anggaran keuangan rutin bulanan. Atur dengan baik agar tidak sebagai “lebih akbar pasak daripada tiang” alias terlalu akbar pengeluaran dibandingkan pemasukan. Namun bila kenyataannya pengeluaranmu lebih akbar, kamu bisa potong porto pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu penting. Tetap evaluasi pengeluaranmu setiap bulannya secara rutin.

Masih poly mahasiswa yang menyepelekan pengelolaan keuangan yg akhirnya membuat situasi kehabisan uang saku tidak dapat dihindari. Mulai sekarang, mari berlatih buat mengatur keuangan mulai menurut pemasukan sampai pengeluaran yang rutin engkau  pakai setiap bulannya. Agar kondisi keuanganmu permanen sehat & nir meminta uang saku tambahan dalam orang tua.

Belum ada Komentar untuk "TIPS MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK MAHASISWA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel