4 TIPS MENINGKATKAN KUALITAS DIRI SEORANG MAHASISWA

Kualitas
    Keberhasilan kamu sangat berhubungan dengan kebiasaan kamu untuk hidup disiplin. Kebiasaan berdisiplin akan membantu dalam mengontrol dan memfokuskan diri mencapai target. Perlu kamu pelajari, bahwa disiplin mengandung makna yang tak se sempit, mematuhi peraturan atau tepat waktu saja. Namun, lebih dari itu, disiplin harus kamu pahami sebagai suatu kesadaran diri untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan target, serta mampu mempertahankan niat baiknya secara benar.

    Berikut adalah hal-hal yang disarankan kepada kamu terkait nilai-nilai kedisiplinan yang perlu kamu ketahui, pahami dan kamu lakukan sebagai seorang mahasiswa :

    1. Setia Pada Target

    Sebagai mahasiswa, kamu sebaiknya mulai memenuhi buku harian kamu dengan target. Target dapat berupa mimpi-mimpi apa saja yang kamu ingin capai satu tahun mendatang, dua tahun, tiga tahun, hingga sampai kamu menjadi sarjana. Mimpi seperti ingin menjadi ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Presiden Mahasiswa, menjadi manajer dengan bekerja diperusahaan dan sebagainya. Setelah kamu selesai menulis semuanya, langkah berikutnya yang perlu dan harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa upaya kamu mencapainya berlangsung secara benar dan beretika. Misalkan kamu ingin menjadi Presiden Mahasiswa atau Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di tingkat Universitas, maka langkah kamu haruslah dimulai dengan aktif berorganisasi sejak dari tingkat jurusan, fakultas dan kemudian universitas. 

    Perkaya juga diri kamu dengan pergaulan yang luas melalui interaksi dengan beragam komunitas, atau ditambah dengan mengikuti berbagai organisasi diluar kampus untuk mendukung pencapaian mimpi tersebut. Untuk semua ragam mimpi kamu, belajar adalah hal yang tak dapat dihindari. Belajarlah dari berbagai forum diskusi, ikutilah seminar dan pelatihan serta workshop, baik gratis ataupun berbayar. Belajar secara non formal akan sangat berkontribusi kepada maksud dan cita-cita kamu, utamanya untuk mendukung apa yang telah kamu pelajari secara formal. Selain aktif bergaul dan belajar, perkaya juga kecakapan kamu dengan kesenian dan olahraga. Hal ini penting, agar kamu menjadi sosok yang lengkap dimasa depan. Perlu diingat bahwa tak ada kata terlambat untuk belajar dan mengenal sesuatu. Semua aktifitas yang kamu ikuti dengan penuh kesadaran sebagai kebutuhan akan membuat diri kamu matang dan percaya diri.

    2. Fokus Pada Tugas

    Berfokuslah pada apa yang sedang anda lakukan. Seperti halnya saran dari para motivator bahwa “Jangan sampai kita kehilangan fokus terhadap pekerjaan”. Maka, disiplinkan diri kamu untuk selalu berterima kasih kepada orang-orang di sekitar kamu saat berhasil mencapai sesuatu. Karena keberhasilan kamu tak akan dapat dilepaskan dari dukungan orang-orang yang ada disekitar kamu. Begitu pula, saat kamu menyaksikan prestasi teman atau kolega kamu, berilah apresiasi atau pujian atas keberhasilannya. Hal ini akan membantu kamu dalam menjaga mood dan fokus anda.

    3. Stop Menunda

    Disiplin akan sangat mudah dipahami dengan pengertian tidak menunda pekerjaan atau tugas. Percayalah bahwa tak ada manfaat yang akan anda peroleh dengan menunda suatu pekerjaan. Kebiasaan menunda untuk mengerjakan sesuatu yang sesunggunya dapat kamu lakukan hari ini, justru akan menjadikan kamu semakin malas untuk melakukanya lusa, dan seterusnya. Apabila hal ini berlangsung terus menerus tanpa kamu sadari, kamu telah membuat catatan kelam dalam rekam jejak anda, baik diorganisasi kemahasiswaan yang kamu ikuti maupun dalam prestasi belajar kamu. Hal ini tentu akan diperparah dengan kesan orang-orang terdekat kepada kamu. Jadi, bila kamu mampu untuk mebiasakan disiplin atau tegas untuk mengatakan “stop” pada menunda, maka dapat diyakini lambat laun hidup kamu akan semakin baik. Artinya, semakin sedikit rintangan yang kamu hadapi, karena kamu terbebas dari beban yang “menghantui”. Tekanan yang disebabkan oleh beban belajar, dan aktifitas berorganisasi kamu,perlu diimbangi dengan waktu istirahat yang cukup. Lalu bagaimana apabila kamu masih biasa menunda tugas dan pekerjaan? Maka dari itu,segera hentikan kebiasaan menunda, dan masuklah dalam kehidupan yang lebih disiplin.

    4. Berpenampilan Pantas

    Disiplin juga dapat kamu maknai sebagai kesediaan diri kamu untuk setia. Kesetiaan dalam konteks ini berhubungan dengan kesediaan kamu untuk berpenampilan. Sebaiknya kamu berhati hati dengan gaya yang terlalu bebas, karena bisa jadi itu justru menjadikan kamu seperti “orang aneh”. Sebagai mahasiswa Fakultas Pendidikan misalnya, kamu mestinya sudah harus belajar untuk memahami tentang seorang pendidik memantaskan penampilannya. Berpenampilanlah sewajar mungkin, dan bersahaja. Jangan terbawa arus mode berbusana yang tidak kamu pahami maksud dan maknanya.

    Inilah beberapa Tips meningkatkan kualitas diri sebagai mahasiswa, semoga melalui artikel ini, kamu dapat menerapkan nya di kehidupan sehari hari sebagai mahasiswa 💪

Baca Juga : Tantangan Selama Menjadi Mahasiswa Baru

Belum ada Komentar untuk "4 TIPS MENINGKATKAN KUALITAS DIRI SEORANG MAHASISWA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel