7 TANTANGAN MENJADI MAHASISWA BARU

    

TANTANGAN

    Hari ini, merasa kah bahwa kamu sedang memulai sebuah tugas baru  dalam  hidup kamu, yaitu sebagai mahasiswa. Walaupun bukan hari pertama seperti saat kamu di sekolah menengah, hari pertama kuliah sama tak enaknya dengan hari pertama di sekolah. Lebih-lebih, jika kamu pernah kuliah ditempat lain sebelumnya. Perasaan nyaman di sekolah atau kampus kamu sebelumnya sudah pasti akan semakin menjadikan hari pertama kuliah kamu di kampus baru ini, semakin “menakutkan”.

    Kamu mungkin saja akan mengalami bahwa pada hari pertama seakan-akan kamu merasa sedang tersesat ditempat yang sama sekali tak pernah kamu kunjungi. Kamu akan selalu sibuk bertanya tentang letak perpustakaan, kelas kuliah, atau tempat foto kopi untuk bahan-bahan kuliah. Jangan khawatir, karena hari pertama hanya akan datang sekali dan hanya akan kamu lewati satu kali pula. Apabila kamu tepat “melangkah”, tentunya hari pertama kamu, tidak akan “menakutkan” seperti bayangan kamu. Berikut tantangan yang bakal kamu hadapi selama menjadi Mahasiswa Baru :

    1. Tepat Waktu

    Usahakan untuk selalu datang tepat waktu, setidaknya 15 menit sebelum jam masuk kuliah, atau sebelum pertemuan di forum-forum mahasiswa. Bukankah lebih baik kamu datang lebih awal dari pada terlambat. Sebelumnya, cari jalur terdekat yang dapat kamu capai dari rumah atau kost kamu. Hitung jarak tempuh dan lama perjalanan. Usahakan berangkat lebih awal dari jadwal agar kamu masih memiliki waktu apabila terjadi masalah di perjalanan.

    2. Adaptasi

    Setiap kampus punya kebiasaan atau kekhasan nya tersendiri. Saat pertama kali kamu memasuki kampus. Kamu sebaiknya segera mengenali lingkungan baru kamu tersebut. Jangan merasa bodoh dan tak tahu apa-apa, apalagi “tak mau tahu”, dan “sok tahu”. Ingatlah bahwa hari ini merupakan hari pertama, dan kamu butuh waktu untuk mengenal segala prosedur dan tradisi yang berlaku di kehidupan kampus. Tinggalkan kebiasaan buruk seperti yang biasa kamu lakukan di sekolah sebelumnya. Kamu sebaiknya perlu memulai dengan energi baru, bersikap aktif dengan penuh antusiasme. Bawalah semangat baru menuju ke kampus yang baru.

    3. Waspada

    Berada di situasi kampus yang baru, berarti kamu perlu mempelajari sifat mahasiswa-mahasiswa yang lebih dulu ada di kampus kamu.Hati-hati dengan teman sejawat kamu yang sudah pernah kuliah di kampus lain lebih dulu, yang barang kali membawa tradisi pergaulan dari kampusnya, yang bisa jadi tidak sesuai dengan kamu dan budaya positif di kampus. Sebab bisa jadi diantara mereka memberi peringatan-peringatan, atau cerita-cerita yang justru dapat membuat semangat anda menjadi “kendor”. Misalnya mengatakan: ”cara-cara begitu sudah kuno, tak perlu dicoba atau dilakukan lagi, karena saya sudah pernah mencobanya sejak dua tahun yang lalu”. Jika kamu terlalu sering menghadapi kondisi seperti ini, maka yang harus kamu lakukan sebaiknya adalah, membuka “mata lebar-lebar” dan “membuka telinga” serta waspada mengantisipasi dan bersiap-siap menggunakan intuisi kamu untuk memperoleh hal-hal baru yang lebih positif.

    4. Sopan Santun

    Sopan santun pasti selalu berlaku dimana-mana. Apalagi jika kamu seorang mahasiswa baru di kampus dengan teman sejawat, kakak tingkat dan senior organisasi serta dosen yang belum mengenali dan mengetahui kepribadian kamu. Bisa jadi kesalahan-kesalahan kecil, akan sangat sulit untuk dimaafkan. Maka, jagalah sikap dan tutur bahasa kamu. Jika saat kamu sekolah, kamu termasuk orang yang sering dan terbiasa berbicara dengan bahasa yang “slengekan”, kendalikan diri untuk mengatakannya kepada orang-orang lain di kampus. Tunggulah sampai kamu benar-benar mengenal mereka lebih dekat. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menyesuaikan diri dalam pergaulan. Sesuaikan pula gaya berbusana kamu sesuai dengan keadaan atau situasi pergaulan di kampus kamu.

    5. Percaya Diri

    Hindari merasa bersalah di hari pertama kamu menjadi mahasiswa. Sebaiknya kamu tidak merasa bersalah secara berlebihan. Kamu harus selalu mencoba memaklumi kesalahan yang telah kamu buat sendiri, kemudian berubahlah segera untuk memperbaikinya. Kamu harus mengakui kesalahan yang telah kamu perbuat dengan jujur. Jadikanlah kesalahan kamu pada kesempatan pertama di kampus sebagai pengalaman belajar yang berharga.

    6. Jangan Ragu

    Apapun latar belakang dan tujuan kamu kuliah, jangan pernah menyesali pilihan atau keputusan kamu untuk kuliah di perguruan tinggi. Sebetulnya, menceritakan tentang keluhan atau penyesalan kamu karena pilihan jurusan kamu saat ini, adalah sama dengan menguak kesalahan kamu sendiri. Jangan terlalu membanding-bandingkan antara pilihan jurusan kamu dengan jurusan lain atau bahkan membandingkan antara kampus orang lain dengan kampus kamu. Masing-masing kampus punya kelebihan dan kekurangannya. Apabila kamu merasa salah pilih jurusan, lupakan hal itu, toh, kamu sudah berada di kampus ini sekarang. Cobalah bersikap tenang, tidak mencela pilihan kamu sendiri, dan tidak perlu panik agar kreatifitas anda tetap terjaga. 

    7. Harus Cermat 

    Sebaiknya kamu tidak termasuk orang yang gemar memberi “nilai merah” terhadap sesuatu dan suka membuat pernyataan tanpa argumentasi yang mendasar. Lakukanlah pengamatan terlebih dahulu, agar kamu dapat mengenali situasi yang ada di kampus kamu. Jangan sampai kamu salah memberikan penilaian terhadap lingkungan baru atau teman-teman baru kamu. Pada saat hari pertama kuliah, mungkin kamu telah mendengar tentang gosip-gosip yang beredar di kampus. Jangan telan semua kabar dan isu secara mentah dan utuh sebelum kamu mengujinya. Hal ini penting, agar anda tidak salah arah nantinya.

Baca Juga : Tips Mahasiswa Baru Mudah Beradaptasi di Kampus

Belum ada Komentar untuk "7 TANTANGAN MENJADI MAHASISWA BARU"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel