TIPE TIPE MAHASISWA BERDASARKAN AKTIVITASNYA DI KAMPUS

 

Dunia perkuliahan bukan cuma tentang tugas dari dosen dan ngerjain skripsi aja. Dunia perkuliahan punya banyak ceritanya sendiri. Tiap mahasiswa termasuk kamu bakal merasakan sensasi dunia perkuliahan yang berbeda-beda tergantung kamu menikmatinya dengan cara apa. Nggak ada jenis atau tipe mahasiswa yang sempurna dan terbaik, karena masing-masing dari mereka punya ciri khas dan karakternya sendiri, serta punya momen dan ceritanya sendiri juga. Kali ini kita bahas dan cari tahu tentang berbagai tipe mahasiswa berdasarkan aktivitasnya di kampus,! Cari tahu juga kamu masuk ke dalam tipe yang mana.

---

1. Mahasiswa ‘Kupu-Kupu’ (Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang)

Dari namanya aja kayaknya udah ketahuan kegiatan yang dilakukan mahasiswa tipe ini. Kegiatan mahasiswa ini sehari-harinya adalah kuliah seperti biasa terus langsung pulang ke rumah atau ke kostan saat perkuliahan selesai. Mahasiswa tipe ini biasanya menjaga jarak dengan kegiatan dan keadaan lingkungan di kampus. Jangan kamu kira mahasiswa tipe ini nggak punya kesibukan lain, ya. Bisa jadi mahasiswa ‘kupu-kupu’ ini punya kesibukannya di rumah. Tapi, mahasiswa tipe ini punya efek samping yang bisa menghambat perkembangan diri karena jarang banget bersosialisasi dan ikut kegiatan kampus.

 2. Mahasiswa ‘Kura-Kura’ (Kuliah-Rapat-Kuliah-Rapat)

Mahasiswa ‘kura-kura’ adalah tipe mahasiswa yang kesehariannya menjadi ‘tiada hari tanpa rapat’. Mahasiswa tipe ini punya banyak organisasi yang diikuti yang membuatnya super duper sibuk. Rapat kerja atau rapat organisasi adalah makanan sehari-hari mereka saat perkuliahan selesai, bahkan kadang jam kosong pun dipakai untuk mengadakan rapat juga. Mahasiswa tipe ini punya sifat yang kritis, lho!

 3. Mahasiswa ‘Kunang-Kunang’ (Kuliah-Nangkring-Kuliah-Nangkring)

Mahasiswa ‘Kunang-Kunang’ adalah tipe mahasiswa yang kegiatan sehari-harinya kuliah-nangkring-kuliah-nangkring atau nongkrong-nongkrong. Kalau jam perkuliahan udah selesai, biasanya mahasiswa tipe ini akan langsung meluncur ke kantin kampus atau ke warkop dekat kampus cuma untuk sekedar nongkrong bareng teman-temannya. Banyak hal yang bisa mahasiswa tipe ini lakukan di tempat tongkrongannya, mulai dari jajan-jajan, sekedar minum kopi, ngobrol-ngobrol, ngegosip, dan masih banyak lagi. Tipe mahasiswa ini bisa dibilang tipe mahasiswa yang paling santai.

 4. Mahasiswa ‘Kuman-Kuman’ (Kuliah-Main-Kuliah-Main)

Mirip dengan mahasiswa ‘kunang-kunang’ tapi beda. Mahasiswa ‘Kuman-Kuman’ adalah jenis mahasiswa yang kerjaannya main melulu saat jam perkuliahan selesai. Pasti di antara kamu ada yang punya teman dengan tipe satu ini, atau justru kamu sendiri merupakan tipe mahasiswa ‘kuman-kuman’? Kelihatannya memang mahasiswa ini kerjaannya main terus, sekalipun dia anak rantau, jangan heran kalau tiba-tiba dia udah tahu dan hafal semua tempat main yang ada di kota tempat dia kuliah.

Tapi, main bukan berarti kegiatan yang buruk, bisa aja ini akan berguna nantinya di dunia kerja. Maksudnya, kamu akan terbiasa dengan yang namanya hard working. Kalau udah hard working, kamu harus menemukan cara having fun di tengah kesibukanmu yang super padat.

 5. Mahasiswa ‘Kuda-Kuda’ (Kuliah-Dagang-Kuliah-Dagang)

Udah ketahuan kan kegiatan mahasiswa yang satu ini apa. Mahasiswa tipe ‘kuda-kuda’ adalah tipe mahasiswa yang kegiatan setelah perkuliahannya adalah berdagang atau berjualan. Mereka yang berdagang punya alasannya sendiri, salah satunya adalah untuk menambah uang demi membayar biaya semesteran dan menambah uang jajan. Kadang-kadang si mahasiswa ‘kuda-kuda’ akan menjajakan dagangannya saat jam kosong atau sebelum mulai perkuliahan. Dari mahasiswa ‘kuda-kuda’ kita bisa belajar bagaimana caranya merencanakan dan menjalankan bisnis.

 6. Mahasiswa ‘Kue-Kue’ (Kuliah-Gawe-Kuliah-Gawe)

Tipe mahasiswa yang satu ini bisa dibilang tipe mahasiswa yang jago banget membagi waktu dan pikirannya. Bayangin aja, kamu harus menyelesaikan tugas kuliah habis itu dilanjut dengan menyelesaikan tugas dari tempat kerja. Menjadi freelancer adalah pekerjaan yang sering banget dilakukan oleh mahasiswa ‘kue-kue’. Kalau kamu tipe mahasiswa ‘kue-kue’ kamu jadi bisa menambah pengalaman kerja, yang nantinya bisa dimasukkan ke dalam catatan portofoliomu. Jadi, saat terjun langsung ke dunia kerja, kamu punya nilai lebih dibandingkan dengan teman-temamu yang lain.

 7. Mahasiswa ‘Kutu-Kupret’ (Kuliah-Tugas-Kuliah-Presentasi)

Mahasiswa tipe ini bisa dibilang mahasiswa yang rajin dan bisa juga dibilang jenius. Biasanya mahasiswa tipe ini selalu jadi korban saat dapat tugas kelompok. Kegiatannya di luar jam kuliah adalah mengerjakan tugas kelompoknya, waktu presentasi pun dia juga yang maju untuk mempresentasikan hasil tugasnya, karena ya memang dia doang yang ngerti sama tugasnya. Jangan kaget kalau mahasiswa tipe ini bisa masuk ke deretan mahasiswa dengan IPK tertinggi.

 

Belum ada Komentar untuk "TIPE TIPE MAHASISWA BERDASARKAN AKTIVITASNYA DI KAMPUS"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel